Lalat

Posted by on in Blog | 0 comments

Lalat

Tahukah anda, bahwa satu ekor lalat bisa membawa sekitar 300 jenis virus, bakteri, bahkan parasit yang menyebabkan penyakit. Karena alasan tersebut makanan dan minuman yang sudah dihinggapi lalat sebaiknya tidak dikonsumsi lagi.

 

 

 

Berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh lalat sebagai pembawa penyakit seperti disentri, kholera, typhoid, kecacingan, gatal pada kulit dan diare.

 

lalat

 

 

Apakah bahaya lalat bagi kesehatan manusia?

Lalat menularkan pathogenic protozoa, bakteri, virus, lalat, rickettsia dan fugues, mereka juga merupakan tuan rumah (tempat berjangkitnya) untuk Staphylococcus aureaus, Salmonella entireties, E. coli.

 

Sebanyak 33 juta mikroorganisme akan menjadi subur dalam suatu usus satu lalat, sedangkan setengah milyar lagi mengerumuni badan dan kaki-kakinya. Bagaimana jadinya jika lalatt tersebut hinggap pada makanan anda? Penyakit yang mungkin timbul adalah penyakit cholera, tubercolosis dan demam.

 

Dimanakah lalat berkembang biak?

Kotoran hewan/manusia sangat disenangi lalatt sebagai  tempat untuk bertelur terutama kotoran sapi, kuda, kerbau dan kotoran manusia. Sampah terutama sisa makanan, sisa daging, sisa ikan ataupun sisa sayuran yang membusuk.

 

lalat-di-jakarta

 

Bagaimanakah kehidupan lalat?

Lalat aktifitasnya pada siang hari. Lalat pada malam hari biasanya istirahat. Di luar rumah istirahat pada daun-daun pohon, kabel atau tempat-tempat yang tidak jauh dari permukaan tanah. Lalatt dapat terbang mencapai 6 – 8 km per jam. Sepasang lalat dapat menghasilkan lebih dari satu juta anak dalam waktu kurang dari 6-8 minggu.

 

Ada berapa jenis lalat?

  1. Lalat rumah (Musca domestica)
  2. Lalat hijau (Lucilia sp.)
  3. Lalat biru (Calliphora Sp)
  4. Lalat daging (Flesh Fly)
  5. Lalat buah (Drosophila sp.)
  6. Lalat bongkok (Humback/Phorid Fly)
  7. Lalat limbah (Sewer Fly)

 

Cara mengusir lalat dengan cara tradisional

1. Cara mengusir lalat dengan jeruk lemon

Siapkan beberapa buah jeruk lemon, bagi masing-masing menjadi empat potong memanjang. Tancapkan 12 cengkeh kering pada setiap potongan. Tata irisan perpaduan lemon dan cengkeh di piring dan letakkan pada kedua ujung meja. Lalat bisa mendeteksi aroma buah jeruk lemon dan aroma rempah cengkeh. Perpaduan aroma yang tajam ini berperan sebagai pengusir serangga yang baik.

2. Cara mengusir lalat dengan biji cengkeh

Wangi cengkeh ternyata cukup efektif mengusir lalat. Ada dua cara memanfaatkan wewangian rempah yang satu ini. Pertama, cara yang paling sederhana. Rendam biji cengkeh secukupnya, pada semangkuk air. Kemudian letakkan rendaman cengkeh tadi pada tempat yang banyak dihinggapi lalat. Selain daun pandan dan lavender, aroma cengkeh terbukti ampuh mengusir lalat di sekelilingnya.

Untuk mendapatkan wangi yang lebih tajam, padukan wangi cengkeh dengan apel. Caranya, siapkan satu buah apel yang sudah matang. Penuhi seluruh permukaan apel dengan cengkeh, dengan cara menusukkan bunga-bunga cengkeh ke permukaan kulit apel. Letakkan apel yang sudah terutup cengkeh ini di atas meja. Lalat pasti enggan mendekat.

3. Cara mengusir lalat dengan lavender

Selain dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, bunga Lavender ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir lalat. Kita bisa menempatkan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah untuk mengusir lalat. Selain mengusir lalat, bunga-bunga lavender ini juga mempercantik tampilan ruangan.

4. Cara mengusir lalat dengan biji cengkeh

Wangi cengkeh ternyata cukup efektif mengusir lalat. Ada dua cara memanfaatkan wewangian rempah yang satu ini. Pertama, cara yang paling sederhana. Rendam biji cengkeh secukupnya, pada semangkuk air. Kemudian letakkan rendaman cengkeh tadi pada tempat yang banyak dihinggapi lalat. Selain daun pandan dan lavender, aroma cengkeh terbukti ampuh mengusir lalat di sekelilingnya.

Untuk mendapatkan wangi yang lebih tajam, padukan wangi cengkeh dengan apel. Caranya, siapkan satu buah apel yang sudah matang. Penuhi seluruh permukaan apel dengan cengkeh, dengan cara menusukkan bunga-bunga cengkeh ke permukaan kulit apel. Letakkan apel yang sudah terutup cengkeh ini di atas meja. Lalat pasti enggan mendekat.

5. Cara mengusir lalat dengan daun pandan

Selain untuk pengharum makanan, wangi daun pandan ternyata juga bisa dicoba untuk mengusir lalat. Caranya cukup mudah. Cukup siapkan beberapa helai daun pandan, kemudian iris halus. Letakkan irisan daun pandan tadi pada sebuah mangkuk atau piring. Terakhir, tempatkan piring atau mangkuk tadi di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

6.  Cara mengusir lalat dengan daun kemangi

Kemangi adalah tanaman obat maupun bahan masakan yang paling umum banyak digunakan di rumah tangga. Terlepas dari semua sifat obat, juga merupakan penghalang yang baik untuk lalat. Penanaman kemangi di sekitar rumah dapat membantu dalam mengurangi jumlah lalat.

7. Cara mengusir lalat dengan memasang alat berupa Lampu UV atau  Penangkap serangga terbang atau Fly Catcher dan Lem Karton (Glue Pad).

 

Kami menyediakan Lampu Fly Catcher Insect Killer Murah dan melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Silakan hubungi 0812-8016-5247 (WA/Call). Konsultasi GRATIS..!!!

 

Lampu Fly Catcher Insect Killer Murah

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
14 + 21 =


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
× Hubungi Kami